Tuesday, January 3, 2017

Uji Reliabilitas dan Validitas Instrumen Penelitian



Assalammualaikum wr. wb.
 
Uji Reliabilitas adalah indeks yang menunjukkan aejauh mana suatu alat pengukur dapat dipercaya atau diandalkan bila digunakan berkali-kali akan menghasilkan data yang sama (reliabel). Kriteria pengujiannya adalah jika nilai Cornbach’s Alpha lebih besar dari 0,60 maka instrumen penelitian dinyatakan reliabel.

Uji Validitas digunakan untuk mengetahui apakah alat ukur yang telah dibuat dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak diukur secara tepat. Pengujian validitas dilakukan dengan cara membandingkan nilai r-hitung denagn r-tabel.

Oke kita mulai dari nol ya hehehe. Pertama kita buka program SPSSnya, lalu buka variabel view ( Ini akan jadi wadah data kamu, harus isi ini dulu baru bisa jalanin proses selanjutnya), seperti ini ya :

 KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR

Selanjutnya kita isi kolom name dengan pertanyaan (bisa pernyataan, P1, Item dll sesuai keinginan kamu atau sesuai format dari universitas kamu ya) dan jangan lupa untuk kolom decimals diganti jadi "0" ya. seperti ini :


KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR

Lalu kita kembali ke data view ( pada tanda panah) lalu nama variabel yang kita tulis akan muncul pada bagian atasnya (seperti pada lingkaran) seperti ini :


KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR

Jika nama yang sudah dibuat pada variabel view muncul di data view, maka kita tinggal memasukan data yang kita dapatkan dari responden seperti ini gan :


KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR

Jika data sudah masuk, kita langsung masuk ke pengujiannya ya. Pilih Analyze ---> Scale ---> Reliability Analysis seperti ini gan :

    KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR

Seletah itu akan muncul tabel seperti dibawah ini. Kamu harus pindahkan semua item/perrtanyaan/pernyataan dll yang ada di kolom sebelah kiri ke kolom sebelah kanan seperti pada gambar dibawah. dan jangan langsung pilih oke, tetapi klik dahulu item Statistics (seperti pada tanda panah ) maka akan muncul pada gambar ke 2. Lalu kamu pilih/centang pada kolom "Sclae if item deleted" lalu pilih continue seperti ini :

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR

Setelah kamu klik Ok, maka hasil output SPSS akan muncul pada jendela baru di jendela hasil SPSS seperti ini :

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR
 
CATATAN : Kolom biru dan kuning angkanya adalah 0,24* dst. terdapat angka "0," didepannya, disana tidak ada karena pada variabel view nilai decimal di jadikan 0.

Gambar diatas adalah hasil final uji reliabilitas data kamu.Perhatikan lingkaran HITAM menunjukan bahwa pertanyaan/pernyataan/item kamu reliabel secara umum/rata2. Pada lingkaran KUNING menunjukan bahwa pertanyaan/pernyataan/item kamu reliabel untuk setiap pernyataan/pertanyaan/item. Kedua lingkaran itu (HITAM/KUNING) harus lebih dari 0,6 karena kriteria pengujiannya adalah jika nilai Cornbach’s Alpha lebih besar dari 0,60 maka instrumen penelitian dinyatakan reliabel jika dibawah 0,6 maka instrumen penelitian tidak reliabel

Lalu untuk lingkaran BIRU itu adalah untuk uji VALIDITAS dimana jika nilai r-hitung lebih besar dari nilai r-tabel maka setiap pernyataan/pertanyaan/item dinyatakan VALID.  Lingkaran BIRU tersebut adalah r-hitung kamu sedangkan r-tabel dapat dilihat dari tabel r dengan tingkat signifikansi uji satu arah (untuk satu variabel X dan satu variabel Y) 0,05 (taraf signifikasn 5%). r-tabel disesuaikan dengan jumlah populasi kamu, jika populasi/sampel sebanyak 80 responden, maka kamu harus mencari di tabel r pada kolom 0,05 dan baris 78 ( df-1) yaitu sebesar 0,1852. Jika nilai yang muncul pada lingkaran BIRU terdapat nilai yang kurang dari atau dibawah 0,1852 , maka nilai pada pernyataan/pertanyaan/item tersebut dinyatakan tidak valid jika nilainya diatas 0,1852 maka pernyataan/pertanyaan/item tersebut dinyatakan  valid. 

Intinya kamu harus membandingkan antara lingkaran biru dan r-tabel (0,1852) jika itu dibawah r-tabel (0,1852) maka pernyataan/pertanyaan/item kamu tidak valid dan berlaku sebaliknya yaitu valid jika diatas r-tabel (0,1852).

Catatan : 0,1852 adalah nilai untuk populasi/sampel yang berjumlah 80 responden. untuk jumlah responden lain silahkan lihat pada tabel r.

Untuk membuat tabel frekuensi Validitas akan saya share di blog selanjutnya.

Sekian yang bisa saya bagi, jika ada pertanyaan atau saran dan komentar silahkan isi pada kolom komentar. Terima kasih sudah berkunjung.

Wassalamualaikum wr. wb.

1 comment:

  1. Olah Data Semarang
    Jasa Olah Data SPSS, AMOS, LISREL
    EVIEWS, SMARTPLS, DLL
    Contact Person WhatsApp
    Klik Link Dibawah
    https://s.id/OlahDataSemarang

    ReplyDelete