Tuesday, January 3, 2017

Tabel Frekuensi Validitas Penelitian

Blog ini berisi tentang Tabel Frekuensi Validitas Penelitian, yang dapat memberitahukan kita apakah terdapat data yang hilang atau missing seperti jika jumlah populasi/sampel kamu adalah 50 tetapi saat diuji pada tabel frekuensi terdapat penyataan/pertanyaan/item kamu yang tidak sampai 50 maka data dapat dinyatakan kurang sempurna. Tabel Frekunesi juga menunjukkan persentase tingkat jumlah pertanyaan/pernyataan/item yang dipilih oleh responden. 

Oke kita lanjut,  pertama kita buka program SPSSnya, lalu buka variabel view ( Ini akan jadi wadah data kamu, harus isi ini dulu baru bisa jalanin proses selanjutnya), seperti ini ya :



Selanjutnya kita isi kolom name dengan pertanyaan (bisa pernyataan, P1, Item dll sesuai keinginan kamu atau sesuai format dari universitas kamu ya) dan jangan lupa untuk kolom decimals diganti jadi "0" ya. seperti ini :


Lalu kita kembali ke data view ( pada tanda panah) lalu nama variabel yang kita tulis akan muncul pada bagian atasnya (seperti pada lingkaran) seperti ini :



Jika nama yang sudah dibuat pada variabel view muncul di data view, maka kita tinggal memasukan data yang kita dapatkan dari responden seperti ini gan :
 
  

Setelah itu kita langsung untuk uji frekuensi tabelnya dengan pilih Analyze ---> Descriptive Statics ---> Frequencies seperti ini gan :





Lalu akan muncul tabel seperti ini gan, kamu pindahkan semua item dari kolom kiri ke kolom kanan ya. Lalu klik OK


Maka akan muncul hasil output SPSS Frekuensi Tabel pada jendela baru hasil output seperti ini gan :




Lingkaran Kuning dapat dilihat menunjukan apakan setiap pernyataan/pertanyaan/item kamu ada yang hilang/missing . Lingkaran hitam 1 menunjukan bahwa pada pernyataan/pertanyaan/item 1 terdapat 4 pilihan yaitu pilihan 2 ( Tidak setuju), 3 (Netral), 4 (Setuju), dan 5 (Sangat setuju ). Lingkaran hitam 2 menunjukkan ferkuensi atau seberapa banyak responden memilih butir pernyataan/item pada setiap pilihan kesetujuan responden (1,2,3,4 dan 5) Pada lingkaran ke 3 menunjukan persentase tingkat pilihan responen pada setiap pilihan Kesetujuan responden (1,2,3,4 dan 5).


Sekian dari saya yang dapat dishare, jika ada pertanyaan, komentar atau saran silahkan isi pada kolom komentar. Terimakasih telah berkunjung.

Wassalammualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment