Monday, January 2, 2017

Analisis Regresi Linier Sederhana

Assalamualaikum wr. wb.
Analisis regresi linier sederhana  adalah suatu alat analisis peramalan nilai pengaruh satu variabel bebas (X) terhadap satu variabel terikat (Y) untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan fungsi variabel bebas terhadap variabel terikat tersebut. Analisis ini menggunakan hasil jumlah semua data kuesioner dari variabel X dan variabel Y per responden (per sampel).

untuk lebih jelasnya kita simak penjelasannya ya gan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT, hehehe biar ga tegang ya, lanjut buka program SPSSnya gan dan akan tampak seperti ini lalu pilih Variable View ( Ini akan jadi wadah data kamu, harus isi ini dulu baru bisa jalanin proses selanjutnya)

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR


Selanjutnya kamu masukan motor dulu kalo udah malem nanti di curi orang hehehe. lanjut masukan nama variabel kamu contohnya ane disini buat Komunuikasi_Efektif (Hurufnya harus nyambung jadi kalo ada spasi tambah underscore ya gan) dan jangan lupa untuk kolom decimalnya dijadiin "0" ya gan kayak gini nih :

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR



Lanjut balik ke Data View di tanda panah ini gan dan nama variabel kita bakal muncul di bagian atasnya seperti ini :

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR


Nah kalo wadahnya udah dibuat sekarang kita masukin data nya gan, data ini berisi jumlah semua pertanyaan dari setiap responden (per sampel) contohnya jika responden 1 untuk pertanyaan 1 variabel X memilih poin 4 (Setuju), pertanyaan 2 memilih poin 5 (Sangat Setuju), pertanyaan 3 memilih poin 2 (Tidak Setuju), jadi jumlahnya 4+5+2 = 11 gan dan seterusnya sampai seluruh jumlah responden. Nah sekarang ane anggap kamu sudah punya yang baru jadi ane mau lanjutin hidup juga hehehe, maksudnya udah punya datanya gan hehehe, seperti ini  :

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR


Sekarang langsung coba kita uji ya, disini populasi ane 50 responden gan, cara ujinya pilih "ANALYZE" pilih "REGRESSION" pilih "LINEAR" seperti ini : 

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR


Nanti akan muncul tabel seperti ini. Kita masukan kolom Dependent untuk Kinerja (Variabel Terikat) dan kolom Independen untuk Komunikasi_Efektif (Variabel Bebas) lalu klik OK seperti ini :

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR


Hasil proses analisis akan keluardi jendela hasil SPSS  seperti ini gan :

KLIK GAMBAR UNTUK PERBESAR


Disini ane mau jelasin semuanya, bahwa sebenarnya dia itu mantan aku yang hehehe, lanjuuuuttttt : 
Lingkaran BIRU itu untuk Uji Koefisien Korelasi (R) dan Koefisien Determinasi (R2) 
Lingkaean KUNING untuk Uji F atau ANOVA
Kotak terakhir untuk Regresi Linier sederhana dan lingkaran orange Uji t

Penjelasannya ada dikotak itu ya,itu hasil uji regresi sederhananya gan dengan syarat tingkat signifikan dibawah 0,5 ya agar datanya dikatakan valid. 

Nanti untuk Uji-uji yang lain bakal saya Upload caranya, sabarya gan orang sabar disayang Tuhan hehehe

Sekian dan Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, jika ada pertanyaan silahkan ditanyakan gan.

Wassalamualaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment